MILITERNASIONAL

TNI, Masa Depan dan Militer 5 Besar Dunia

Penulis : Erza Saladin

Kiprah Tentara Nasional Indonesia yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) – TKR (Tentara Keamanan Rakyat).  Tentara Keamanan Rakyat (TKR) akhirnya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) memang tidak diragukan lagi baik saat memperebutkan kemerdekaan, mempertahankan serta mengisinya dengan agenda kontributif bagi Bangsa dan Negara serta rakyat tercinta di Bumi Indoensia.

Lalu bagaimana Masa Depan TNI yang harusnya kita bangun, menurut hemat kami TNI kedepan hendaklah benar-benar menjadi Tentara  profesional, ‘berenergi’ , kuat dan bisa di andalkan dalam segala medan yang di hadapi kita sebagai bangsa, manuver menarik kembali TNI ke ranah politik praktis hendaklah kita cegah dan tentunya institusi TNI harus mendapat porsi anggaran yang memadai sehingga penyiapan, pembentukan, empowering, penerjunan anggota TNI ke wilayah  medan besar pengabdiannya tidaklah terganggu kendala logistik dan urusan internal personal TNI yang lebih mengemuka.

LIHAT JUGA  Jembatan Mulak Ulu, Lahat Putus, Gubernur Sumsel Datangkan Jembatan Bailey

Partai Gelora mengajukan proposal politik ‘Menjadikan Indonesia Kekuatan 5 Besar Dunia’ dengan peta jalan menjadikan Indonesia unggul di sektor ekonomi, teknologi dan terakhir unggul secara militer.

Saat ini kita akan bahas bagaimana menjadikan TNI menjadi kekuatan militer 5 besar dunia; personal yang berjiwa dan berkarakter sebagai global player mencitakan perdamaian abadi dan ketertiban dunia seperti yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, penganggarannya militer minimal seperti penganggaran yang terjadi di negara berikut :

Sumber : Kompas

Menurut Global Fire Power (GFP) baru-baru ini merilis daftar peringkat 140 negara dengan militer terkuat di dunia.

Sejumlah kategori yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah kekuatan militer, keuangan, hingga kemampuan logistik dan geografis.

LIHAT JUGA  Anis Matta : Krisis ini Panjang, Indonesia Tidak Boleh Kehilangan Arah

GFP mengatakan, proses pemeringkatan yang mereka lakukan memungkinkan negara-negara kecil yang maju secara teknologi untuk bersaing dengan negara lebih besar.

Amerika Serikat masih menjadi negara dengan militer terkuat di dunia dengan skor Power Index (PwrIndx) 0.0718, disusul Rusia dan China.

Sementara Indonesia berada di peringkat 16 dengan skor PwrIndx 0.2684, tertinggi di Asia Tenggara.

Jadi jika menginginkan TNI menjadi kekuatan militer 5 dunia maka minimal seperti kekuatan militer Jepang dengan berbagai aspek seperti kriteria yang dikeluarkan Global Fire Power.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close